Saturday, December 18, 2010

Mengamalkan Sunnah = Bukti Kecintaan + Kunci Kejayaan



بســـــــم الله الرحمان الرحيم
الحمد لله رب العالمين حمداً يوافى نعمه ويكافئ مزيده



للهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق
والخاتم لما سبق والناصر الحق بالحق
والهادي الى صراطك المستقيم صلى الله عليه
وعلى أله وأصحابه حق قدره ومقداره العظيم
- Selawat Fatih


اللهم أنت ربي لا إله إلا أ نت خلقتني وأنا عبدك
وأنا على عهدك ووعدك ما استطعت
أعوذ بك من شر ما صنعت
أبوء لك بنعمتك علي وأبوء لك بذنبي
فاغفر لي فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت
- Sayyidul Istighfar



الســــلام عليكم ورحمة الله وبركـــاته






"Jika ALLAH telah Mengikatmu dengan Nabi yang penuh Rahmat dalam kehidupanmu maka engkau akan mendapatkan kebahagian dan ketenangan. Diantara tanda bahwa engkau telah terikat dengan Nabi Muhammad صلى الله عليه وآله وسلم adalah ketika engkau akan masuk ke dalam rumahmu maka engkau akan teringat apa yang diucapkan RasuluLlah صلى الله عليه وآله وسلم ketika memasuki rumah, dan ketika engkau memasuki pasar maka kau teringat tuntunan Nabi Muhammad صلى الله عليه وآله وسلم tentang apa yang diucapkan beliau saat memasuki pasar, ketika engkau sedang menghadapi makanan dan engkau teringat akan tuntunan RasuluLlah apa yang diucapkan ketika akan makan, maka sungguh engkau telah terikat dengan Nabi yang penuh Rahmah.


Dan ketika engkau akan tidur kemudian engkau teringat apa yang dilakukan RasuluLlah صلى الله عليه وآله وسلم, bagaimana cara tidur beliau serta apa yang diucapkan ketika akan tidur, maka sungguh engkau akan selalu dalam Rahmat ALLAH dan selalu terikat dengan Nabi yang penuh Rahmat, dan engkau akan melihat dampak dari Rahmat ini ketika engkau wafat dimana merupakan jalan untuk menuju kenikmatan yang kekal di Surga, dan kenikmatan yang paling mulia di Surga adalah memandang Dzat ALLAH سبحانه وتعالى, sebagaimana Hadits agung yang kita baca tadi, namun pembuka Rahmat yang kekal adalah kematian.


Jika engkau memperbanyak mencari Rahmah di dunia maka ia akan datang sebagai penolongmu ketika engkau wafat. Darimana dan bagaimana Rahmah itu datang?! Yaitu dengan mengukuti tuntunan dan Sunnah Nabi Muhammad صلى الله عليه وآله وسلم. Maka sebagian Ulama besar mengatakan bahwa ada 2 orang yang saling mencintai karena ALLAH, mereka bersepakat untuk saling membantu di dunia dalam mencapai Ridha ALLAH, dan untuk menyebarkan ajaran RasuluLlah صلى الله عليه وآله وسلم, dan menampakkan akhlak RasuluLlah صلى الله عليه وآله وسلم selama mereka dalam kehidupan dunia.


Maka kedua orang Shalih ini setuju untuk mengamalkan Sunnah-Sunnah Nabi Muhammad dan menyebarkan ajaran beliau hingga mereka wafat, dan mereka berkesinambungan dalam hal itu, mereka saling membantu dalam menyebarkan Dakwah Nabi Muhammad, mereka mengajarkan Sunnah-Sunnah Nabi Muhammad kepada manusia dengan kasih kelembutan dan kasih sayang dan akhlak yang mulia, dan mereka terus mengamalkan Sunnah-Sunnah Nabi Muhammad صلى الله عليه وآله وسلم, yang mana hal itu adalah Sunnah-Sunnah yang sangat sederhana dan kita semua mengetahuinya, diantaranya sunnah ketika makan, ketika tidur, ketika keluar dan masuk rumah. Kita menganggapnya sesuatu yang kecil padahal hal itu sangat agung di Sisi ALLAH.


Dan setelah beberapa tahun kedua orang ini mengamalkan Sunnah-Sunnah RasuluLlah صلى الله عليه وآله وسلم, maka salah seorang diantara mereka meninggal. Maka orang ini selalu mendoakan temannya yang meninggal, dan memintakan Ampunan kepada ALLAH untuknya. Dan suatu saat ia berjumpa dengan temannya di dalam mimpi, dan ia menanyakan keadaannya setelah meninggal, dan apa yang terjadi setelah ia wafat. Kita mengetahui bahwa mimpi-mimpi baik itu adalah benar dan datangnya dari ALLAH, dan sebagian mimpi yang lainnya adalah dari syaitan.


Lihatlah pada indahnya tuntunan Sayyidina Muhammad صلى الله عليه وآله وسلم, maka berkatalah saudaranya yang meninggal itu: "Ketika aku wafat dan berpindah dari kehidupan dunia ini, sungguh aku tidak merasakan kematian sama sekali, orang-orang memandikanku, mengkafaniku, dan membawaku ke dalam kubur, tetapi aku mengira diriku dalam mimpi, sehingga datang 2 Malaikat ke dalam kuburku, dan berkata kepadaku : "Duduklah wahai `AbduLlah", dan ketika aku duduk di kuburku aku merasa bahwa diriku baru bangun dari tidur, dan dahulu ketika aku masih hidup di dunia aku selalu menjaga 2 Sunnah Nabi yaitu ketika akan tidur dan ketika bangun tidur, yang pertama adalah Sunnah siwak, ketika aku bangun tidur aku selalu mengambil siwak dan bersiwak dengannya, dan yang kedua adalah ketika aku bangun tidur aku selalu membaca doa: "Segala Puji bagi ALH yang telah Menghidupkan kami kembali, dan kepadaNYAlah kami akan kembali".


Adapun balasan dari Sunnah yang pertama aku tidak merasakan sakitnya kematian bahkan aku mengira bahwa aku sedang dalam mimpi, sehingga Malaikat berkata kepadaku: "Duduklah wahai `AbduLlah" mereka ingin menanyakan aku di dalam kubur, dan ketika aku bangun dari kuburku aku mengira bahwa aku bangun dari tidur, dan aku mulai mencari siwak dan aku mengulang-ulang doa bangun tidur, dan ketika itu aku memanggil anakku dan aku berkata: "Wahai fulan, dimana siwakku, siapa yang yang telah mengambil siwak?", maka Malaikat yang berada di hadapanku berkata: "Wahai `AbduLlah, siwak apa yang engkau cari dan siapa yang orang yang engkau panggil itu?, Apakah engkau mengira bahwa engkau sedang tidur di tempat tidurmu?, Engkau sekarang adalah mayyit di dalam kuburmu, dan kami adalah Malaikat yang akan bertanya kepadamu", maka aku menjadi risau dan aku sadar bahwa aku telah berada di alam kubur, dan aku pun mengulang-ulang doa bangun tidur, maka Malaikat itu berkata: "Engkau adalah hamba yang Shalih, engkau telah dikuatkan dengan ucapan yang kuat, maka tiada lagi pertanyaan untukmu di kubur dan di hari kiamat, maka tidurlah seperti tidurnya Pengantin sampai tiba hari kiamat".



Maka ia berkata kepada temannya di dalam mimpi, "Sungguh ALLAH سبحانه وتعالى telah Menyelamatkanku dari pedihnya kematian, dan dari pertanyaan 2 Malaikat di alam kubur dikarenakan aku mengamalkan 2 Sunnah RasuluLlah صلى الله عليه وآله وسلم yang sangat mudah dan sederhana itu."


Maka bagaimana jika kita mengamalkan 5 dari Sunnah Nabi Muhammad صلى الله عليه وآله وسلم, dan bagaimana jika kita menjaga 10 Sunnah dari Sunnah-Sunnah Nabi Muhammad صلى الله عليه وآله وسلم. Setiap Sunnah RasuluLlah yang engkau amalkan akan membawa manfaat untukmu, dan orang ini telah melewati 1 tahap yaitu selamat di alam kuburnya, ia akan selamat dari kubur kemudian mencapai ke Surga, dan dari Surga ia akan mencapai kepada puncak kenikmatan di Surga yaitu memandang Keindahan Dzat ALLAH سبحانه وتعالى.


Demikianlah ALLAH سبحانه وتعالى Memberi balasan kepada orang-orang yang beriman di dunia, karena mereka beriman kepada ALAH سبحانه وتعالى walaupun mereka tidak melihatNYA, dan mereka menyembahNYA padahal mereka tidak melihatNYA, dan mereka melakukan Shalat karena ALLAH سبحانه وتعالى sedangkan mereka tidak melihatNYA. Jika mereka telah sampai kepada Ketetapan Rahmat ALLAH, maka mereka akan melihat ALLAH سبحانه وتعالى, dan ALLAH akan Menyingkirkan dari mereka tabir yang menghalangi mereka dengan ALLAH." - Taushiyah indah dari Guru Mulia Habibana Munzir ibn Fuad al-Musawa حفظه الله تعالى


_________________________________


Insya`ALLAH, antum bisa rujuk diSini; blog Saudari fiLlah kita - Semoga ALLAH سبحانه وتعالى dan RasulNYA صلى الله عليه وآله وسلم Meredhai beliau, ALLAHumma amiin - untuk mengetahui lebih lanjut diantara Sunnah-Sunnah Junjungan Mulia صلى الله عليه وآله وسلم yang bisa kita amalkan bersama. Seandainya tidak mampu untuk mengamalkan semuanya, usahlah ditinggalkan kesemuanya. Insya`ALLAH, usahakanlah untuk mengamalkannya semampu terdaya dan beristiqamah dengannya selama mungkin.


Wahai ALLAH, wahai Tuhan kami, Kurniakanlah kepada kami keinginan sungguh-sungguh untuk mengikuti jejak langkah Junjungan kami Nabi Muhammad صلى الله عليه وآله وسلم awalnya, akhirnya, lahirnya, batinnya, perkataannya, perbuatannya, ibadatnya dan amal baktinya. Amiin Ya ALLAH, Ya Rabb, Ya Rahman, Ya Rahim, ya Qarib, ya Mujib, Ya Hayyu, Ya Qayyum, Ya Dzal Jalali wal Ikram wa bi jaahi Sayyidina Muhammadinil Habibil Mahbub صلى الله عليه وآله وسلم...



Pengumuman




Wahai ALLAH, Hadirkanlah & Himpunkanlah kami bersama-sama dengannya...



اللهم صل على سيدنا محمد
وأنزله المنزل المقرب منك يوم القيامة
اللهم صل على روح سيدنا محمد في الأرواح
وعلى جسده في الأجساد وعلى قبره في القبور



بارك الله فيكم وجزاكم الله خير الجزاء
الله تعالى أعلم بالصواب والحمد لله رب العالمين

Related Posts with Thumbnails