Friday, February 11, 2011

Sejuta Fadhilah Shalawat



بســــم الله الرحمان الرحيم
الحمد لله رب العالمين حمداً يوافى نعمه ويكافئ مزيده



اللهم صل على سيدنا محمد عبدك
ورسولك النبي الأمي
وعلى آله وصحبه وسلم
- Selawat Ummi


اللهم أنت ربي لا إله إلا أ نت خلقتني وأنا عبدك
وأنا على عهدك ووعدك ما استطعت
أعوذ بك من شر ما صنعت
أبوء لك بنعمتك علي وأبوء لك بذنبي
فاغفر لي فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت
- Sayyidul Istighfar



الســــلام عليكم ورحمة الله وبركـــاته




Kalam Habib Ahmad Bin Zein Al-Habsyi رحمه الله تعالى : "Al-Mushtafa صلى الله عليه وآله وسلم. Sebingkai mozaik nan indah. Kontruksi cita rasa Sang Kuasa yang sempurna. Cahaya yang bertahta megah di atas cahaya-cahaya. Makhluk terindah, termulia, tersantun, yang tiada duanya. "Dialah yang di langit dikenal sebagai Ahmad, sedang di bumi dikenal sebagai Muhammad."


Begitulah Habib Ahmad bin Zein al-Habsyi melukiskan sosok Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم dalam kata-kata. "Dialah Penguasa maqam mahmud. Bendera puja dan puji tegak dalam genggamannya."


"Tidaklah ia dikenal sebagai Muhammad sebelum diseru sebagai Ahmad. Sebab (di langit) ar-Robb سبحانه وتعالى telah Memuji sosoknya jauh sebelum seluruh makhluk mengenalnya. Ia Mengagul-agulkannya jauh sebelum manusia menyanjung-nyanjungnya. Engkau bakal menjumpai nama Ahmad pada kitab-kitab suci terdahulu. Sedang dalam al-Qur`anul Karim, termaktub nama Muhammad. Dialah yang terlayak menuai pujian-pujian. Dialah yang teragung diantara insan-insan yang layak dipuji."


"Hanya untuknya, kelak maqam mahmud disingkap diiringi pujian-pujian. Tak pernah tersingkap untuk selain dirinya. Dengan maqam mahmud itu, Sang Kuasa senantiasa Memujinya. Berbekal maqam mahmud itu, ia menjelma sebagai Pemberi syafa`at tertinggi. Bendera puja dan puji terajut hanya untuknya, seorang. Umatnya disebut-sebut sebagai al-Hamidun (Orang-orang yang gemar memuji) dalam kitab-kitab terdahulu. Dan tatkala kakeknya, `Abdul Muthalib, menyematkan nama Muhammad, ia mengunjuk doa, "Aku berharap kelak seluruh penghuni langit dan bumi akan senantiasa memujinya.""


Tidak terpungkiri, Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم memang sempurna. Tiada celah untuk mencela, kecuali hati yang buta oleh kabut kemusyrikan. Begitu sempurnanya Sang Nabi. Hingga lisan Mukminin tak lelah memadahkan puja dan puji, dari dulu hingga kini.






SALAWAT


Puncak kekaguman Sang Pencipta terhadap mahakarya (masterpiece) yang satu ini adalah Salawat. Habib Ahmad mengurai, "Salawat ALLAH سبحانه وتعالى kepada Nabi صلى الله عليه وآله وسلم adalah cucuran kebaikan-kebaikan, sifat-sifat luhur, karakter yang elok, nikmat-nikmat, penghargaan, penghormatan, dan anugerah-anugerah yang meruah. Sedang SalamNYA adalah PenjagaanNYA dari pelbagai `aib dan mala (keburukan), Karunia yang berupa ketentraman, kesempurnaan, dan kemegahan. Sebentuk penghormatan yang indah dan penuh berkah DariNYA."


Mari kita bersalawat kepada Nabi صلى الله عليه وآله وسلم. Mari kita haturkan Salam kepada Rasul صلى الله عليه وآله وسلم.


Dalam sepenggal ayat, ar-Rahman ar-Rahim menfirmankan,
"Sesungguhnya ALLAH dan Malaikat-malaikatNYA bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah Salam penghormatan kepadanya."


RasuluLlah صلى الله عليه وآله وسلم sendiri bersabda,
"Manusia yang paling dekat denganku pada hari akhir adalah orang yang paling banyak bersalawat kepadaku."


Sabda beliau yang lain menyebutkan,
"Tidaklah seseorang bersalam kepadaku, kecuali ALLAH سبحانه وتعالى pasti Mengembalikan ruhku. Hingga aku pun bisa membalas Salamnya."


Kata ruh dalam hadis ini bisa bermakna bicara, atau sesuatu hal yang berkenaan dengan "aktifitas" ruh. Sebab, senyatanya, ruh Beliau صلى الله عليه وآله وسلم senantiasa hidup."


"Masih banyak lagi hadis-hadis Nabawiy yang mengulas faedah Salawat. Tercatat lebih dari 40 Sahabat terkemuka yang meriwayatkan hadis ragam ini."


Habib Ahmad meneruskan, "Dalam satu Salawat, terpendam 40 faedah. Diantaranya; menghapus dosa-dosa, mengusir kesumpekan, menuntaskan cita-cita, memercik kabar gembira akan Surga sebelum ajal tiba, membersihkan diri, menanggung keselamatan dari kecamuk hari kiamat, mengharumkan majelis-majelis, menafikan kefakiran dan sifat kikir, mengukuhkan langkah kala di atas sirath, mengenyahkan kekeringan, menabur berkah pada raga, umur, dan amal, memantik Rahmat ALLAH dan rasa cinta dari Nabi صلى الله عليه وآله وسلم, menghidupkan nurani, dan memancing Hidayah Ilahi."


"Walhasil, faedah Salawat tak terbilang, duniawi maupun ukhrawi. Tak terhitung, betapa sering ALLAH Membukakan pintu hajat, Melonggarkan keruwetan, dan Melipatkan Anugerah dengan Salawat. Salawat adalah amalan istimewa dan penuh berkah. Ia adalah penjamin rasa aman dari Murka ALLAH dan nerakaNYA. Ia adalah pelantar kesucian amal dan ketinggian derajat. Ia adalah perniagaan yang takkan pernah merugi."


Alangkah istimewanya Salawat. Hanya dengan sebaris kalimat itu, kita bisa meraup pahala-pahala semegah gunung. Tanpa terlalu berpayah-payah, kita bisa melampaui amalan-amalan umat terdahulu. Semua berkat Salawat kepada Sang Nabi صلى الله عليه وآله وسلم.


Akan tetapi, perlu dicatat, ada adab yang mesti diperhatikan dalam Salawat. "Salawat adalah Zikir. Karena itu disyaratkan khusuk dan hudlur, serta takzim kepada Nabi صلى الله عليه وآله وسلم saat bersalawat. Dianjurkan pula menghadirkan Zat Nabi صلى الله عليه وآله وسلم kala berdoa dalam Salawat, dengan harapan agar curahan Anugerah kepada beliau senantiasa lestari. Dengan adab inilah, segala faedah Salawat niscaya tergapai. Bahkan bisa lebih dari itu. Salawat tak hanya berarti zikir, Salawat juga bermakna doa, bahkan ia adalah esensi doa itu sendiri."


Begitu gamblang paparan Habib Ahmad bin Zein mengenai fadilah Salawat di atas. Tunggu apa lagi, marilah kita sedari sekarang menggemari Salawat, demi kita, demi keluarga, demi umat, dan demi pertiwi yang telah lama dirundung sedih ini...!" - Sumber


~ Al-Fatihah untuk al-Marhum al-`Allamah al-Mufassir Dr. Fadhl Hasan `Abbas رحمه الله تعالى; seorang Ulama` terulung dalam bidang`Ulum al-Tafsir serta `Ulum al-Lughah dan al-Balaghah, yang telah pulang ke RahmatuLlah pada malam Rabu, tanggal 09hb Februari 2011M. Semoga ruh beliau dan mereka yang telah pulang ke RahmatuLlah, Diterima, Diredhai, Dilimpahi Rahmat dan RahimNYA, ALLAH جل جلاله dan ditempatkan bersama-sama para Nabiyyin, Shiddiqin, Syuhada`, Shalihin, Muqarrabin dan KekasihNYA, Baginda RasuluLlah صلى الله عليه وآله وسلم. Amiin ALLAHumma amiin. Al-Fatihah...



اللهم اغفر لهم وارحمهم وعافهم واعف عنهم
برحمتك يا أرحم الراحمين


اللهم صل على سيدنا محمد
وأنزله المنزل المقرب منك يوم القيامة
اللهم صل على روح سيدنا محمد في الأرواح
وعلى جسده في الأجساد وعلى قبره في القبور


ربنا تقبل دعاءنا إنك أنت السميع العليم
وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم
دعواهم فيها سبحانك اللهم وتحيتهم فيها سلام
وآخر دعواهم أن الحمد لله رب العالمين

بارك الله فيكم وجزاكم الله خير الجزاء
والله تعالى أعلم بالصواب

Related Posts with Thumbnails