Friday, February 11, 2011

Sejuta Fadhilah Shalawat



بســــم الله الرحمان الرحيم
الحمد لله رب العالمين حمداً يوافى نعمه ويكافئ مزيده



اللهم صل على سيدنا محمد عبدك
ورسولك النبي الأمي
وعلى آله وصحبه وسلم
- Selawat Ummi


اللهم أنت ربي لا إله إلا أ نت خلقتني وأنا عبدك
وأنا على عهدك ووعدك ما استطعت
أعوذ بك من شر ما صنعت
أبوء لك بنعمتك علي وأبوء لك بذنبي
فاغفر لي فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت
- Sayyidul Istighfar



الســــلام عليكم ورحمة الله وبركـــاته




Kalam Habib Ahmad Bin Zein Al-Habsyi رحمه الله تعالى : "Al-Mushtafa صلى الله عليه وآله وسلم. Sebingkai mozaik nan indah. Kontruksi cita rasa Sang Kuasa yang sempurna. Cahaya yang bertahta megah di atas cahaya-cahaya. Makhluk terindah, termulia, tersantun, yang tiada duanya. "Dialah yang di langit dikenal sebagai Ahmad, sedang di bumi dikenal sebagai Muhammad."


Begitulah Habib Ahmad bin Zein al-Habsyi melukiskan sosok Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم dalam kata-kata. "Dialah Penguasa maqam mahmud. Bendera puja dan puji tegak dalam genggamannya."


"Tidaklah ia dikenal sebagai Muhammad sebelum diseru sebagai Ahmad. Sebab (di langit) ar-Robb سبحانه وتعالى telah Memuji sosoknya jauh sebelum seluruh makhluk mengenalnya. Ia Mengagul-agulkannya jauh sebelum manusia menyanjung-nyanjungnya. Engkau bakal menjumpai nama Ahmad pada kitab-kitab suci terdahulu. Sedang dalam al-Qur`anul Karim, termaktub nama Muhammad. Dialah yang terlayak menuai pujian-pujian. Dialah yang teragung diantara insan-insan yang layak dipuji."


"Hanya untuknya, kelak maqam mahmud disingkap diiringi pujian-pujian. Tak pernah tersingkap untuk selain dirinya. Dengan maqam mahmud itu, Sang Kuasa senantiasa Memujinya. Berbekal maqam mahmud itu, ia menjelma sebagai Pemberi syafa`at tertinggi. Bendera puja dan puji terajut hanya untuknya, seorang. Umatnya disebut-sebut sebagai al-Hamidun (Orang-orang yang gemar memuji) dalam kitab-kitab terdahulu. Dan tatkala kakeknya, `Abdul Muthalib, menyematkan nama Muhammad, ia mengunjuk doa, "Aku berharap kelak seluruh penghuni langit dan bumi akan senantiasa memujinya.""


Tidak terpungkiri, Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم memang sempurna. Tiada celah untuk mencela, kecuali hati yang buta oleh kabut kemusyrikan. Begitu sempurnanya Sang Nabi. Hingga lisan Mukminin tak lelah memadahkan puja dan puji, dari dulu hingga kini.






SALAWAT


Puncak kekaguman Sang Pencipta terhadap mahakarya (masterpiece) yang satu ini adalah Salawat. Habib Ahmad mengurai, "Salawat ALLAH سبحانه وتعالى kepada Nabi صلى الله عليه وآله وسلم adalah cucuran kebaikan-kebaikan, sifat-sifat luhur, karakter yang elok, nikmat-nikmat, penghargaan, penghormatan, dan anugerah-anugerah yang meruah. Sedang SalamNYA adalah PenjagaanNYA dari pelbagai `aib dan mala (keburukan), Karunia yang berupa ketentraman, kesempurnaan, dan kemegahan. Sebentuk penghormatan yang indah dan penuh berkah DariNYA."


Mari kita bersalawat kepada Nabi صلى الله عليه وآله وسلم. Mari kita haturkan Salam kepada Rasul صلى الله عليه وآله وسلم.


Dalam sepenggal ayat, ar-Rahman ar-Rahim menfirmankan,
"Sesungguhnya ALLAH dan Malaikat-malaikatNYA bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah Salam penghormatan kepadanya."


RasuluLlah صلى الله عليه وآله وسلم sendiri bersabda,
"Manusia yang paling dekat denganku pada hari akhir adalah orang yang paling banyak bersalawat kepadaku."


Sabda beliau yang lain menyebutkan,
"Tidaklah seseorang bersalam kepadaku, kecuali ALLAH سبحانه وتعالى pasti Mengembalikan ruhku. Hingga aku pun bisa membalas Salamnya."


Kata ruh dalam hadis ini bisa bermakna bicara, atau sesuatu hal yang berkenaan dengan "aktifitas" ruh. Sebab, senyatanya, ruh Beliau صلى الله عليه وآله وسلم senantiasa hidup."


"Masih banyak lagi hadis-hadis Nabawiy yang mengulas faedah Salawat. Tercatat lebih dari 40 Sahabat terkemuka yang meriwayatkan hadis ragam ini."


Habib Ahmad meneruskan, "Dalam satu Salawat, terpendam 40 faedah. Diantaranya; menghapus dosa-dosa, mengusir kesumpekan, menuntaskan cita-cita, memercik kabar gembira akan Surga sebelum ajal tiba, membersihkan diri, menanggung keselamatan dari kecamuk hari kiamat, mengharumkan majelis-majelis, menafikan kefakiran dan sifat kikir, mengukuhkan langkah kala di atas sirath, mengenyahkan kekeringan, menabur berkah pada raga, umur, dan amal, memantik Rahmat ALLAH dan rasa cinta dari Nabi صلى الله عليه وآله وسلم, menghidupkan nurani, dan memancing Hidayah Ilahi."


"Walhasil, faedah Salawat tak terbilang, duniawi maupun ukhrawi. Tak terhitung, betapa sering ALLAH Membukakan pintu hajat, Melonggarkan keruwetan, dan Melipatkan Anugerah dengan Salawat. Salawat adalah amalan istimewa dan penuh berkah. Ia adalah penjamin rasa aman dari Murka ALLAH dan nerakaNYA. Ia adalah pelantar kesucian amal dan ketinggian derajat. Ia adalah perniagaan yang takkan pernah merugi."


Alangkah istimewanya Salawat. Hanya dengan sebaris kalimat itu, kita bisa meraup pahala-pahala semegah gunung. Tanpa terlalu berpayah-payah, kita bisa melampaui amalan-amalan umat terdahulu. Semua berkat Salawat kepada Sang Nabi صلى الله عليه وآله وسلم.


Akan tetapi, perlu dicatat, ada adab yang mesti diperhatikan dalam Salawat. "Salawat adalah Zikir. Karena itu disyaratkan khusuk dan hudlur, serta takzim kepada Nabi صلى الله عليه وآله وسلم saat bersalawat. Dianjurkan pula menghadirkan Zat Nabi صلى الله عليه وآله وسلم kala berdoa dalam Salawat, dengan harapan agar curahan Anugerah kepada beliau senantiasa lestari. Dengan adab inilah, segala faedah Salawat niscaya tergapai. Bahkan bisa lebih dari itu. Salawat tak hanya berarti zikir, Salawat juga bermakna doa, bahkan ia adalah esensi doa itu sendiri."


Begitu gamblang paparan Habib Ahmad bin Zein mengenai fadilah Salawat di atas. Tunggu apa lagi, marilah kita sedari sekarang menggemari Salawat, demi kita, demi keluarga, demi umat, dan demi pertiwi yang telah lama dirundung sedih ini...!" - Sumber


~ Al-Fatihah untuk al-Marhum al-`Allamah al-Mufassir Dr. Fadhl Hasan `Abbas رحمه الله تعالى; seorang Ulama` terulung dalam bidang`Ulum al-Tafsir serta `Ulum al-Lughah dan al-Balaghah, yang telah pulang ke RahmatuLlah pada malam Rabu, tanggal 09hb Februari 2011M. Semoga ruh beliau dan mereka yang telah pulang ke RahmatuLlah, Diterima, Diredhai, Dilimpahi Rahmat dan RahimNYA, ALLAH جل جلاله dan ditempatkan bersama-sama para Nabiyyin, Shiddiqin, Syuhada`, Shalihin, Muqarrabin dan KekasihNYA, Baginda RasuluLlah صلى الله عليه وآله وسلم. Amiin ALLAHumma amiin. Al-Fatihah...



اللهم اغفر لهم وارحمهم وعافهم واعف عنهم
برحمتك يا أرحم الراحمين


اللهم صل على سيدنا محمد
وأنزله المنزل المقرب منك يوم القيامة
اللهم صل على روح سيدنا محمد في الأرواح
وعلى جسده في الأجساد وعلى قبره في القبور


ربنا تقبل دعاءنا إنك أنت السميع العليم
وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم
دعواهم فيها سبحانك اللهم وتحيتهم فيها سلام
وآخر دعواهم أن الحمد لله رب العالمين

بارك الله فيكم وجزاكم الله خير الجزاء
والله تعالى أعلم بالصواب

5 Ulasan:

Salams,

I always feel so happy after reading your post, to renew my tired imaan after trials in life.

Syukran ya Ukht, syukran, may Allah swt bless you and reward you more that we could possibly imagine.

Please make du'a for us as well in here.

Nur,
Durham, UK.

BismiLlah wal HamduliLlah...
Sholatu was-Salamu `ala RasuliLlah wa `ala Alihi wa Shohbihi waman walah...
SalamuLlahu`alaikum wa Rahmatuhu wa Barakatuh...
Salam Juma`ah al-Mubarak...

Wahai Saudariku fiLlah yang Dimuliakan lagi Dikasihi ALLAH,
Al HamduliLlah, apa sahja yang semoga dimanfaatkan bersama, insya`ALLAH akan hamba sampaikan. Namun, disamping itu, doa dari kalian sangat-sangat hamba dahagakan agar bisa dapat beristiqamah dengannya, iaitu dalam menyampaikannya setelah mempelajari serta mengamalkannya, insya`ALLAH.

Al HamduliLlah, bisa merasakan ni`mat diatas Ni`mat yang DianugerahkanNYA keatas kita, itu adalah Ni`mat yang teragung. Justru, andai kita bisa mengambil manfaat diatas segala sesuatu, walaupun ianya kecil sahja; sebagai contoh dari setitis air yang kita minum bisa membuatkan kita menjadi hamba yang bersyukur dan bertambah tenaga kita untuk ber`ibadah kepadaNYA, itu adalah ni`mat juga. Berbanding kita yang tidak bisa mengambil manfaat diatas segala sesuatu, walaupun ianya besar manapun; sebagai contoh dari bergallon-gallon air yang kita minum bahkan membuat kita kufur kepadaNYA dan semakin jauh dariNYA. ALLAHu ALLAH...

Bertuahlah dan berbahagialah mereka yang bisa mengambil manfaat dari segala sesuatu yang DiberikanNYA keatas kita, dan semuanya ini adalah diatas Kuasa dan Kehendak ALLAH `Azzawajalla, maka mintalah senantiasa dan jangan merasakan bosan kepada Sang Pemilik, kerna DIA tidak bosan-bosan Mendengar dan Mengabulkan hajat dan permintaan hamba-hambaNYA. Sangat Pemurah walaupun kita tidak terlintas untuk memintanya kepadaNYA, apatah lagi andai kita yang sendiri memintanya kepadaNYA. SubhanALLAH... Kebahagiaan, ketenangan, kesejukkan iman dll itu ada Pemiliknya, maka mengadulah dan mintalah kepadaNYA...

Semoga ALLAH `Azzawajalla Mengabulkan apa dihajatkan oleh mu, oleh kita. Semoga DIA Mengabulkan lebih dari yang kita hajatkan, kerna tiada yang bisa MemudharatkanNYA, MembebaniNYA dan tidak pula yang mustahil BagiNYA.

Amiin Ya ALLAH, Ya Rabb, Ya Rahman, Ya Rahim, ya Qarib, ya Mujib, Ya Hayyu, Ya Qayyum, Ya Dzal Jalali wal Ikram wa bi jaahi Sayyidina Muhammadinil Habibil Mahbub ShalALLAHu`alaihi wa Alihi wasalam.. ♥

Di atas masa serta ziarahnya hamba ucapkan,
barakALLAHu fiki wa jazakiLlahu khairal jaza`.
Fi amaniLlah wALLAHu a`lam bisawab.

Salams Ya Ukthi,

Alhamdulillah, balasan yang sangat mententeramkan jiwa , syukur dengan kurniaan-Nya di pagi Jumaat, penghulu sekian hari.

Mohon di share di blog saya, kiriman balasan ukthi ini, boleh ngga? :)

InsyaAllah, doa untuk ukthi sentiasa.

Take care.

Salams,

Nur
Durham, UK

BismiLlah wal HamduliLlah...
Sholatu was-Salamu `ala RasuliLlah wa `ala Alihi wa Shohbihi waman walah...
SalamuLlahu`alaikum wa Rahmatuhu wa Barakatuh...

Wahai Saudariku fiLlah yang Dimuliakan lagi Dikasihi ALLAH,
Al HamduliLlah, andai ianya dirasakan bermanfaat untuk diri kita dan jama`ah sekalian, maka tiada alasan untuk hamba mengatakan tidak. Silakan dengan segala hormat insya`ALLAH, semoga kita sama-sama mendapat manfaat darinya.

Semoga segala sesuatu yang ALLAH Berikan kepada kita; baik kita menyedarinya ataupun tidak, mendokong dan mendorong serta membuatkan kita semakin mengenali diri kita. Dan mereka yang mengenali dirinya akan mengenali Tuhan yang Menciptakan dirinya. Mereka akan mengerti bahwa mereka tidak punya apa-apa melainkan jika DIA yang Memberi, tidak bisa melaksanakan apa-apa melainkan jika DIA yang Mengizinkan dan Membantu dll. Dan mereka yang mengenali Tuhannya akan semakin ingin mendekat denganNYA. SubhanALLAH...

Rahmat ALLAH itu lebih banyak dari dedebu pasir di daratan, lebih banyak dari titisan air di luatan, kerna kita maklumi bahwa ALLAH telah Mencurahkan RahmatNYA keatas alam ini serta penghuninya; dari mula-mula ia Diciptakan ALLAH hinggalah ke hari Kiamat, hanya 1 bahagian sahja dari 100 bahagian Rahmat MilikNYA. SubhanALLAH... Dan berbaki 99 bahagian lagi, ALLAH telah Siapkan untuk di Akhirat kelak, terlebih lagi bagi mereka yang beriman kepadaNYA. SubhanaALLAH... Semoga ALLAH `Azzawajalla senantiasa Memandang kita dengan Rahmat serta Kasih SayangNYA setiap masa dan kejap. Dijadikan tempat kembali kita adalah SyurgaNYA, dan jadikan akhirnya hidup kita dalam keadaan beriman kepadaNYA.

Amiin Ya ALLAH, Ya Rabb, Ya Rahman, Ya Rahim, ya Qarib, ya Mujib, Ya Hayyu, Ya Qayyum, Ya Dzal Jalali wal Ikram wa bi jaahi Sayyidina Muhammadinil Habibil Mahbub ShalALLAHu`alaihi wa Alihi wasalam.. ♥

Di atas masa serta ziarahnya hamba ucapkan,
barakALLAHu fiki wa jazakiLlahu khairal jaza`.
Fi amaniLlah wALLAHu a`lam bisawab.

Related Posts with Thumbnails