Tuesday, August 4, 2009

Liмα Goloηgαη Syυнαdα



بســـــــــم الله الرحمان الرحيم
الحمد لله رب العالمين حمداً يوافى نعمه ويكافئ مزيده



اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد
وعلى آله عدد نعم الله وإفضاله
- Selawat al-In`am


الســــلام عليكم ورحمة الله وبركـــاته




"Limpahan puji kehadirat ALLAH Maha Raja langit dan bumi, Sang Pemilik kesucian jiwa, Yang Maha Menenangkan sanubari dengan Cahaya KeindahanNYA, Yang Memuliakan kehidupan hamba-hambaNYA dengan Cahaya tuntunan Sang Nabi, Sayyidina Muhammad (صلى الله عليه وسلم), Syafii`una Muhammad, Maulana Muhammad, ShalALLAH wa Sallama wa Baaraka `alaihi wa alaih.


Hadirin-hadirat yang dimuliakan ALLAH, ALLAH سبحانه وتعالى Maha Raja alam semesta selalu Menerbitkan Kemuliaan dan Menawarkan Pengampunan dan matahari Kebahagiaan dunia dan akhirat adalah MilikNYA Yang Maha Abadi, Maha Tunggal dan Maha Sempurna, Maha Suci dan Maha Menguasai Kemuliaan dunia dan akhirat, Maha Siap Membagi-bagikan Pengampunan dan Kasih SayangNYA kepada hamba-hamba yang mau membuka sanubarinya dan mengagungkan lisannya dengan memanggil Nama ALLAH dan mengagungkan hari-harinya dengan perbuatan yang luhur, dengan perbuatan yang suci untuk membenahi dirinya dengan Keredhaan ALLAH, menghiasi hari-harinya, menghiasi dirinya, menghiasi lisannya, menghiasi penglihatannya, menghiasi pendengarannya, menghiasi nafasnya dengan Keindahan ALLAH, menghiasi jiwanya dengan Keindahan ALLAH, menghiasi sanubarinya dengan Keindahan ALLAH, menghiasi siang malamnya dengan Keredhaan ALLAH, Maha Tunggal dan Maha Abadi, Maha Berjasa kepada seluruh MakhlukNYA.


Hadirin-hadirat yang dimuliakan ALLAH, "Mereka yang menolak Aajakan ALLAH dan berpaling dari ajakan ALLAH سبحانه وتعالى maka dihapuslah amal pahala mereka, dan orang-orang yang beriman dan beramal shalih dan mengikuti apa-apa yang diturunkan kepada Muhammad صلى الله عليه وسلم, ALLAH Kikis dosa-dosa mereka" (dengan amal-amal mereka, dengan perbuatan mereka, dengan ibadah mereka, dengan shalatnya, dengan puasanya, dengan zakatnya, beramal yang fardhu dan sunnah, perbuatan baik yang besar atau yang tampak remeh (sekedar menyingkirkan ranting saja) terus ALLAH سبحانه وتعالى Mengikis perbuatan dan dosa-dosa mereka); QS. Muhammad : 1-2.


"ALLAH Kikis keburukan mereka" Karena sayyiaat itu adalah hal yang hina. Bisa berupa perbuatan dosa, bisa dosanya. Hadirin-hadirat yang dimuliakan ALLAH, berbeda dengan dzunuub (yaitu) adalah dosanya, kalau sayiat itu adalah perbuatan perbuatan buruknya, bisa berupa wujud dosa, bisa perbuatan dosanya. Hadirin-hadirat, kalau seandainya ALLAH Menghapuskan dosanya saja, ALLAH tidak Menghapuskan sifat dan keinginan buruknya maka orang ini akan terus dalam dosa. (namun) Semakin ia menerima tuntunan Sang Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, menghiasi dirinya dengan sunnah Sang Nabi صلى الله عليه وسلم dan keindahan Sang Nabi صلى الله عليه وسلم maka "Kaffara `anhum sayyiaatihim" ALLAH Menghapus (sedikit demi sedikit) hal-hal yang buruk dari dosa-dosanya dan dari segala sifat buruknya.


(Misalnya hati kita berkata) "Saya selalu menjalankan sunnah, tapi kenapa masih banyak tersisa sifat-sifat buruk dalam diri saya?" Pertanyaan itu adalah Hidayah dari ALLAH. Pertanyaan didalam diri kita, kenapa kita mesti berbuat dosa? Menunjukkan Hidayah dari ALLAH memberi Cahaya didalam jiwa, memberi kefahaman didalam hati bahwa kita masih banyak berdosa. Jauh lebih beruntung dari orang lainnya yang tidak pernah merasa berbuat dosa dan ia terus berbuat dosa. (misalnya hatinya bekata) "Cukup sudah aku istighfar atas dosaku."


Namun kalau kita sudah berusaha menghindari hal-hal yang hina, didalam diri masih ada haus dan tidak puas dengan amal-amal yang shalih hingga hati masih menjerit mengatakan "Kenapa aku masih berbuat dosa?" Justru itulah daripada Cahaya Rabbul `Alamin yang berpijar dari hatimu, yang tidak pernah ingin hal-hal yang hina ada dalam diri kita dan itulah tanda dari ALLAH سبحانه وتعالى yang sedang Menerbitkan Cahaya KeindahanNYA pada jiwamu. (diperjelas dengan kalimat terpaut pada ayat tersebut (Wa ashlaha baalahum : ALLAH Perbaiki keadaannya, yaitu ALLAH Perbaiki fikiran dan keadaan hidupnya, dengan mengikuti tuntunan Nabi صلى الله عليه وسلم)


Hadirin-hadirat, ingat Janji ALLAH سبحانه وتعالى kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم ""Seseorang bersama dengan orang yang ia cintai." Kita punya satu idola yang menjadi Imamussyuhada`, Imamul Aulia, Imam dari semua Mukminin-mukminat adalah Sayyidina Muhammad صلى الله عليه وسلم. Semoga ALLAH Menerangi jiwa kita dengan cinta kepada Nabi kita Muhammad صلى الله عليه وسلم yang dengan itu ALLAH Membuka tabir cinta kita kepada ALLAH سبحانه وتعالى.


Ya Rahman Ya Rahim, kami bermunajat KehadiratMU, memohon kepadaMU Yang Maha Luhur, kepadaMU Yang Maha Indah, Wahai Yang Maha Indah Terangi jiwa kami dengan Keindahan NamaMU, Terangi jiwa kami dengan Keindahan PengampunanMU, Terangi jiwa kami dengan Keindahan khusyu`, Terangi ruh kami dengan Kecintaan KehadiratMU, Terangi hari-hari kami dengan Kebahagiaan dan Kemakmuran. Ya Dzaljalali wal Ikram, Jadikan malam ini malam yang paling banyak KAU Limpahkan Anugerah kepada kami. Ya Rahman Ya Rahim dhahiran wa bathinan dunia wal akhirah, Jadikan malam esok lebih banyak lagi Anugerah yang KAU Limpahkan. Ya Rahman Ya Rahim Jadikan hari-hari kami bagaikan gelombang keimanan yang terus berlipat ganda lebih dari rahasia Samudera AnugerahMU Yang Maha Luhur dan tiada pernah berhenti. Ya Dzaljalali wal Ikram, Wahai NamaMU Yang Maha Indah dan Maha Luhur, ketika kami memanggil NamaMU maka Engkau Melihat dan Memuliakan kami dengan sedemikian Anugerah, sedemikian Pengampunan, sebagaimana FirmanMU didalam Hadits Qudsiy "Wahai keturunan Adam jika kau berdoa dan berharap kepadaKU, KU Hapus dosa kalian tanpa KU Perdulikan lagi." Demikian Janji Rabbul `Alamin bagi mereka yang menyeru NamaNYA dan berdoa kepadaNYA dan bermunajat kepadaNYA.


Hadirin-hadirat yang dimuliakan ALLAH, Kita memanggil Nama ALLAH, kita bermunajat kehadiratuLlah, hadirkan seluruh hajat mu, hajat yang kita ketahui dan yang belum kita ketahui agar di`Ijabah oleh ALLAH. Segala musibah yang akan datang dalam kehidupan kita agar digantikan oleh ALLAH dengan Rahmat dan `Inayah. Limpahkan Kasih SayangMU pada setiap nafas kami, Jadikanlah siang dan malam kami dilimpahi RahmatMU lebih dari usia kami yang lalu yang barangkali penuh dosa dan kekhilafan. Kami memohon doa agar KAU Maafkan seluruh catatan dosa kami dan menjadi catatan taubat, Jadikanlah nafas kami adalah nafas munajat, nafas yang selalu merintih memanggil NamaMU Yang Maha Luhur. KAU Yang Maha Membolak-balikkan seluruh keadaan kami dan Maha Menghapusnya dan Maha Menggantikannya. Sebagaimana Firman ALLAH "Mereka-mereka yang bertaubat dan beramal shalih dan yang mau menyesali doanya, ALLAH Ganti dosanya dengan pahala." Pastikan seluruh wajah kami ini keluar dari Majelis ini sudah tidak lagi ada padanya sebutir dosa. Ya Rahman Ya Rahim Gantikan seluruh dosa kami dengan pahala. Inilah doa dan inilah munajat."


Taushiyah dari Habibana Munzir ibn Fuad al-Musawa حفظه الله تعالى yang telah disampaikan
di Masjid Almunawar, Jakarta, Indonesia pada hari Isnin, tanggal 03hb August 2009M.
Insya`ALLAH, ziarahi hamba juga di Vimeo.


وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين
سبحان ربك رب العزة عما يصفون
وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين

0 Ulasan:

Related Posts with Thumbnails